Pada tanggal 29 Oktober 2015 ini, Lokananta akan genap berusia 59 tahun. Hal ini tentu menjadi sebuah berkah yang luar biasa, mengingat hampir sebagian besar perusahaan rekaman yang seangkatan dengan Lokananta telah lama menghilang. Terlepas dari seluruh masalah yang mengitarinya, Lokananta masih tetap ada dan terus berbenah dalam rangka mewujudkan harapan dan tujuan para pendirinya. Perkembangan zaman akhirnya menuntun Lokananta untuk dapat beradaptasi dengan perubahan zaman, tanpa harus merubah jati diri serta identitas yang telah melekat selama berpuluh-puluh tahun lamanya. Terbukti dalam 5 tahun belakangan ini, Lokananta cukup aktif dalam bekerjasama dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan even-event seni dan budaya. Dalam perkembangannya, posisi Lokananta tidak lagi hanya menjadi sebuah perusahaan rekaman milik negara saja, akan tetapi juga menjadi sebuah entitas seni dan budaya yang akan terus menggeliat dan senantiasa bertransformasi.

Salah satu wujud nyata dari geliat tersebut adalah penyelenggaraan Lokananta Fest. Melalui event tahunan ini, Lokananta menawarkan serangkaian acara dan kegiatan yang tidak hanya memiliki aspek hiburan semata, akan tetapi juga sarat dengan unsur-unsur edukasi dan apresiasi. Lokananta Fest dirancang sedemikian rupa untuk dapat menjadi media interaksi antara Lokananta dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas, pelaku, praktisi serta para stake holder seni dan budaya. Tujuan utama dari sinergi tersebut tiada lain adalah untuk mengembangkan dan memaksimalkan seluruh potensi seni dan budaya yang terdapat di wilayah Solo dan sekitarnya. Dengan kata lain, Lokananta Fest dapat menjadi etalase untuk mempromosikan karya-karya dari sejumlah talenta yang dimiliki oleh Kota Solo.

Event Lokananta Fest ini direncanakan akan berlangsung selama satu bulan, dengan pelaksanaan agenda acara di setiap akhir pekan. Rangkaian acara tersebut akan diawali dengan pameran arsip yang berlangsung pada tanggal 9 Oktober 2015 di Gedung Utama Lokananta. Pada pertengahan bulan, berturut-turut akan diselenggarakan kompetisi musik yang terdiri dari kompetisi band, olah vokal, dan drum di Studio Lokananta. Khusus untuk kompetisi olah vokal, akan diselenggarakan audisi di Solo Grand Mall pada tanggal 17 Oktober 2015.

Seluruh rangkaian acara pada Lokananta Fest akan ditutup dengan pentas seni yang diselenggarakan 2 hari, yaitu tanggal 31 Oktober dan 1 November 2015. Pada penyelenggaraan pentas seni ini, Lokananta bekerjasama dengan Komunitas Blues Brothers Solo dan Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) UNS Solo. Pada hari pertama, pentas seni akan menampilkan para musisi yang aktif di dalam skena musik lokal. Sedangkan pada hari kedua para penampil berasal dari mahasiswa-mahasiswa UNS, dengan penampilan spesial dari band asal ibu kota, Payung Teduh. Penyelenggaraan pentas seni tersebut juga akan dimeriahkan stand-stand bazaar yang berisi produk-produk dari para pelaku industri kreatif di Solo.

Harapan dan mimpi terbesar dari Lokananta tentu saja adalah melihat event Lokananta Fest dapat berlangsung secara rutin dan terus berkembang seiring dengan perjalanan waktu. Keberadaanya juga diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap apresiasi masyarakat terhadap Lokananta. Sehingga, pada akhirnya publik serta masyarakat luas dapat melirik kembali Lokananta sebagai sebuah ruang yang repesentatif untuk menjadi sebuah kantung seni dan budaya di Solo.

 

 

 

 

0 48